Cara Ternak Ayam Potong untuk Pemula. Cepat Balik Modal!

Usaha budidaya ternak ayam potong adalah salah satu jenis usaha yang mudah dan menjanjikan keuntungan pasti. Peputaran usaha budidaya ayam potong yang terbilang cepat, memberikan laba belasan hingga puluhan juta bagi para pemiliknya. Total hasil panen tergantung dengan jumlah banyaknya ternak yang dipelihara.

Cara Ternak Ayam Potong untuk Pemula. Cepat Balik Modal!

Tertarik dengan peluang usaha yang satu ini? Yuk simak panduan cara budidaya ternak ayam potong yang menghasilkan panen menguntungkan dibawah ini! Untuk bacaan trik bisnis usaha lainnya, kami merekomendasikan “Mengenal Kutu Putih Pada Tanaman dan Cara Menanganinya” yang bagus untuk bisnis Anda.

Cara Budidaya Ternak Ayam Potong yang Mudah, Keuntungan Panen Berlimpah

Cara Budidaya Ternak Ayam Potong yang Mudah

  1. Mempersiapkan lahan peternakan ayam
    Langkah yang paling pertama, Anda harus mempersiapkan lahan yang cocok, nyaman & aman untuk calon ternak ayam yang bakal kalian pelihara. Untuk ukuran kandang haruslah sesuai dengan jumlah ayam yang bakal dirawat. Umumnya, lahan peternakan ayam yang ideal adalah setiap 1m2 untuk 8-12 ekor ayam.
  2. Membeli bibit ayam yang berkualitas
    Kualitas bibit ayam adalah hal penting yang harus diperhatikan jika Anda inginkan hasil panen yang besar. DOC adalah anakan ayam yang baru lahir dan umurnya dibawah 10 hari, pastikan untuk memilih DOC yang sehat dan bebas penyakit. Cara melihat calon ayam potong yang akan berkualitas saat dipanen adalah dengan cara melihat kelincahan ayam tersebut.
  3. Pakan ayam
    Salah satu penentu keberhasilan ternak dan budidaya salah satunya bersumber dari pakan yang baik.
    Kualitas pakan yang baik akan menghasilkan kualitas ternak ayam potong sehat dan unggul.
    Adapun jenis pakan ternak yang bisa dijadikan preferensi adalah biji jagung, pelet, dedak, dan pur.
  4. Siapkan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan
    Hal lain yang memang tidak terlalu banyak diperhatikan peternak pemula biasanya adalah seperti listrik, irigasi, minuman dan lainnya. Prioritas penting lainnya adalah kesiapan orang yang mengurus ternak dan memberikan pakan sampai membersihkan kandang.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin berhasil memulai bisnis ternak ayam potong. Semoga dengan melakukan cara-cara tersebut, ayam yang Anda ternak bisa dipanen dengan kualitas yang baik secara bobot maupun kesehatan ayam.