Cara Menanam Kentang Yang Benar

Cara Menanam Kentang Yang Benar

Kentang adalah bahan makanan yang bisa dijadikan banyak jenis, bisa jadi bahan sayur, kue, keripik, dan lain sebagainya. Produksi kentang berputar cepat, karena sangat dicari oleh masyarakat. Bagi anda yang sedang mau memulai bisnis pertanian ini, maka perhatikan secara baik cara menanam kentang yang benar dibawah ini. Agar hasil panen kamu dapatkan nantinya bakal berbuah banyak, memberikan keuntungan uang hasil panen lebih besar.

Cara Menanam Kentang Yang Benar

Cara Menanam Kentang Yang Benar Hasil Panen Berlimpah

  • Persiapan Bibit

Untuk menanam kentang, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mempersiapkan bibit kentang. Karena penanaman ini dari umbi, maka carilah kentang yang sudah tua yang tentu saja berkualitas. Pilihlah bibit yang akan ditanam dimana buah tersebut telah disimpan selama 2 – 4 bulan. Tentunya sudah ada tunas dengan tinggi 5 cm, artinya bibit ini sudah siap untuk ditanam.

  • Persiapkan Lahan

Setelah bibit telah kamu pilih berdasarkan tunas terbaik. Tahap selanjutnya adalah menentukan lahan untuk menanamnya, paling bagus untuk dikawasan pegunungan. Karena memiliki kualitas suhu yg cocok buat tanaman tersebut. Hal Yang wajib sobat perhatikan saat menentukan lahan yaitu:

  1. Cek kondisi lahan yang akan digunakan untuk menanam kentang secara keseluruhan
  2. Gemburkan tanah tersebut dengan menggunakan sekop ataupun cangkul
  3. Tambahkan pupuk organik sesuai dengan keadaan dan jenis tanah. Pupuk ini nantinya selain membuat tanah subur juga bermanfaat agar tanaman kentang terjaga
  4. Buatlah tanah menjadi lembab terlebih dahulu dengan tujuan pupuk bisa tercampur dengan baik
  • Penanaman

Kini kita masuk dalam cara menanam buah kentang nya, akan sangat menentukan jumlah panen anda nantinya. Mau lebih banyak bukan ? Maka lakukanlah tahapan ini:

  1. Buat saluran drainase jarak 10 cm
  2. Siapkan bibit kentang yang sudah memiliki tunas
  3. Bikin gandukan + lubang dengan jarak sekitar 15 cm
  4. Masukkan umbi kentang

Inilah tahapan paling benar untuk menanam kentang secara baik untuk dapatkan hasil panen buah berlimpah seperti yang anda inginkan.

bidudaya kentang

  • Perawat Untuk Tanaman Kentang

✅ Pemberian Pupuk Dasar, dengan dosis 20-30 ton per hektar lahan juga ditambahkan pupuk NPK sebanyak 300-350 kg per hektar lahan. Kemudian pupuk ditutup dengan tanah agar tidak tergerus air saat hujan turun. Biarkan selama 10-15 hari sebelum penanaman dilakukan.

✅ Penyiangan, untuk menghindari adanya serangan tanaman dari gulma & hama. Maka perlu dilakukan penyiangan saat kentang berusia bulan ke 1 & 2.

✅ Pengendalian Hama Penyakit, Dalam budidaya tanaman apapun, pengendalian hama dan penyakit adalah sesuatu yang sangat penting. Hama dan penyakit yang biasanya menyerang tanaman kentang antara lain; orong-orong, trips, ulat grayak, penggerek umbi, kutu daun, ulat tanah, ulat penggulung daun, bercak daun, layu bakteri, busuk daun, busuk umbi, layu fusarium, dsb.

  • Panen

Ini adalah tahapan paling terakhir, setelah 90 hst – 100 hst tergantung dari jenis kentang yang anda tanam. Pemanenan dilakukan secara hati-hati agar tidak merusak umbi. Pada tanah yang sangat gembur pemanenan bisa dilakukan dengan mengeruk menggunakan tangan.