Cara Menanam Jagung Dengan Baik dan Benar

Tanaman jagung adalah jenis yang mudah ditanam, menghasilkan karena perputarannya cepat, & sering dicari orang. Jagung juga masih menjadi bahan makanan pokok kebanyakan orang Indonesia, bagi orang jawa hidangan makanan mereka keseringan memvariasikan jagung menjadi bahan sayur bening, ampela jagung, dan lain sebagainya.

Cara Menanam Jagung Dengan Baik dan Benar

Datangnya musim kemarau di beberapa tempat, khususnya di lahan tadah hujan, acapkali memberikan tantangan tersendiri bagi para petani terkait komoditas yang hendak mereka tanam. Namun sebaliknya untuk budidaya jagung, justru tanaman ini cocok untuk ditanam saat musim kemarau.

Cara Menanam Jagung Dengan Baik dan Benar

  • Menanam Benih

Untuk menentukan produktifitas dan efisiensi tanaman maka jenis bibit menjadi salah satu faktor yang harus anda perhatikan. Dalam memilih bibit jagung manis yang berkualitas sangat dibutuhkan ketelitian tersendiri. Dimana sebaiknya tidak menggunakan benih dari hasil panen, karena cukup beresiko.

Untuk saat ini sudah banyak benih-benih jagung unggul yang di sediakan di toko-toko pertanian dan sudah banyak yang membuktikan, sehingga untuk hal ini tidak perlu memilah yang baik dan buruk karena sudah melalui uji coba di lapangan.

Cara Menanam Jagung Dengan Baik dan Benar

  • Persiapan Lahan

Untuk menanam benih maka kalian membutuhkan lahan, sebaiknya lahan yang akan ditanami jagung di bersihkan dulu dari rumput atau semak belukar baik dengan cara dicabuti maupun menggunakan cairan pembasmi gulma. Setelah itu, tanah harus digemburkan dengan cara dicangkul atau di bajak anda juga bisa menambahkan pupuk agar tanam yg akan dimasuki bibit bisa tumbuh dengan baik nantinya.

  • Menanam Bibit

Setelah tanah sudah digemburkan dan didiamkan selama 3 hari, maka bibit sudah bisa dimasukkan kedalam tanah tersebut.

  • Perawatan Tanaman

Untuk mendapatkan hasil panen yang banyak dan buah jagung besar, dibutuhkan perawatan dengan pupuk serta rajin menyiram tanaman ini sebanyak 2kali sehari.

Ada kasus yang menarik dari penggunaan pupuk yang tidak sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tanaman. Jadi saat membeli bibit di toko kamu harus langsung tanyakan juga apa jenis pupuk yang baik untuk bibit jenis tersebut.