Cara Menanam Bawang Merah

Cara Menanam Bawang Merah

Salah satu tanaman yang selalu bisa menghasilkan karena merupakan kebutuhan utama manusia adalah bawang merah. Bukan cuma untuk bahan masakan, nyatanya bawang merah juga sering digunakan untuk kepentingan obat-obatan. Jadi mencoba usaha berkebun bawang meraih tidak ada matinya, akan selalu menguntungkan para petaninya. Yuk intip cara mudah untuk menanam bawang merah yang sudah dituliskan lettersforranjini.com dibawah ini !

Cara Menanam Bawang Merah

Cara Menanam Bawang Merah Terbukti Panen Memuaskan

  • Benih

Seperti biasa untuk menanam bawang maka kamu butuh beberapa bibit, bawah merah ada beraneka ragam, ada yang dari lokal, ada pula produk impor. Terdapat 2 macam jenis bibit bawang merah dengan biji & bibit yang berasal dari umbi.

  • Pengolahan Tanah

Tentukan lahan untuk menanam bibit, jika sudah ada garap tanah sampai gembur. Tidak perlu diberi pupuk, karena tanaman bawang merah lumayan kuat dan bisa tumbuh dengan mudah.

Buatlah bedeng dengan jarak minimal 50 meter dan lebar 1-1.5 meter. Untuk umbi dengan berat rata-rata 5 gram, kamu perlu membuat jarak tanam 20×20. Jadi, untuk setiap 1 hektar lahan, kamu akan membutuhkan sekitar 1,4 ton benih.

Cara Menanam Bawang Merah

  • Perawatan

Untuk menjaga kesehatan & kesuburan bawang, diperlukan perawatan yang bisa kalian lakukan setelah berusia 10 hari hingga 1 bulan. Bibit usia 0-10 hari memerlukan 2 kali penyiraman pada pagi dan sore hari, setelah usia tanaman melebihi 10 hari penyiraman cukup sekali saja.

Menyemprot pestisida juga sangat dibutuhkan, untuk menghindari serangan hama terhadap tanaman kalian. Anjuran dosis dan semprotkan secukupnya saja, kamu bisa menanyakan kepada toko penjual pestisida tersebut. Pemberian pestisida berlebih bisa membuat buah bawang merah menjadi kecil / menyusut.

  • Pantau Sampai Panen

Pandu perkembangan bawang merah sampai menuju masa panennya, biasanya penen bisa dilakukan setelah 60–90 hari. Kamu bisa memanennya dengan mencabutnya sampai ke akar atau dengan menggali sedikit tanah sampai terlihat bawangnya, untuk memastikan tak ada bawang merah yang tertinggal di dalam tanah.

Itulah beberapa cara menanam bawang merah sendiri di rumah. Mudah bukan? Yuk langsung praktikkan! Temukan cara bercocok tanam yang lainnya pada artikel kami lainnya, semoga bermafaat!